Secara sederhana istilah psikosomatis bisa diartikan sebagai sebuah kondisi dimana pikiran mempengaruhi tubuh fisik.

Maka jika kita perhatikan pengaruh fikiran ini bisa positif bisa juga negatif, Bila pengaruhnya negatif, maka tubuh fisik menjadi sakit.

Gejala seseorang yang terkena penyakit psikosomatis benar-benar nyata dan dirasakan oleh penderitanya.  Gejalanya mirip dengan sakit akibat faktor organik.

Contoh yang sangat sederhana, ketika Anda begitu khawatir – misalnya menghadapi suatu event yang anda tidak merasa siap , misal naik ke atas panggung -, maka tiba tiba perut anda menjadi mulas dan ingin buang buang air besar. Gejala yang sama Anda rasakan misalnya ketika anda salah makan seperti makan makanan terlalu asam dll.

Faktor Utama Penyebab Penyakit Psikosomatis

Jika kita memahami sifat dan fungsi pikiran yang salah satunya adalah bahwa pikiran bawah sadar melindungi diri kita (fisik dan pikiran sadar) menurut cara, strategi, mekanisme atau logikanya sendiri,

Maka kita bisa memahami bahwa gejala tubuh fisik yang diakibatkan dari pikiran pada prinsipnya adalah merupakan response dari proses dari pikiran bawah sadar yang sedang berusaha “melindungi”.

Seorang yang tertekan akibat masalah keuangan keluarga dan tekanan hidup yang sangat besar kemudian menjadi sakit, bisa kita pahami sebagai upaya agar dia terlepas dari peran untuk menanggung beban tersebut. Jika sakit, maka orang bisa memakluminya. Tentu saja semuanya bekerja dalam tataran pikiran bawah sadar.

Yang baru saya paparkan adalah salah satu dari penyebab penyakit psikosomatis. Menurut Adi W. Gunawan dalam buku MindBody Medicine, ada 15  faktor utama penyebab penyakit psikosomatis:

  1. Motivasi
  2. Memory Sakit
  3. Konflik
  4. Imprint
  5. Sugesti Diri
  6. Identifikasi
  7. Pengalaman masa lalu yang belum terselesaikan
  8. Masalah saat ini yang belum terselesaikan
  9. Organ language
  10. Menghukum diri sendiri
  11. Ego state
  12. Identofact
  13. Alter
  14. Mimpi
  15. Stress

Hipnoterapi Untuk Penyakit Psikosomatis

Teknik hipnoterapi yang kami terapkan  adalah teknik Clinical Hypnotherapy yang berbeda dengan kebanyakan yang ada di luaran sana.

Secara umum ada 3 pendekatan dalam penyelesaian akar masalah dari Psikosomatis. Yang pertama bisa dilakukan adalah dengan mencari akar masalah dari jalur emosi, kedua bisa dilakukan lewat jalur bagian-bagian diri, ketiga bisa dilakukan dengan jalur rasa sakit pada tubuh.

Dalam setiap sesi terapi, kami biasanya juga memberikan pencerahan terkait latihan-latihan relaksasi yang bisa dilakukan oleh client secara mandiri tanpa perlu bergantung kepada terapis.

 

Share This

Share This

Share this post with your friends!